A. MEMBUAT OBJEK DORAEMON
Pertama buka aplikasi Blender, kemudian hapus Cube, dengan mengklik-kanan
object tersebut lalu tekan Delete. Lalu klik pada menu Add, pilih SubMenu Mesh,
kemudian gunakan UV-Sphere.
Lalu klik kanan object UV-sphere tersebut kemudian tekan
S+Z+X untuk mengatur scale object secara horizontal, dan tekan tombol S+Z+Y untuk mengatur scale object secara vertikal.
Atur sedemikian rupa object tersebut sehingga berbentuk seperti kepala
Doraemon. Untuk
Mata Doraemon, kita buat dari object UV-Sphere lagi, kemudian atur scalenya
sehingga berbentuk seperti mata, kemudian tekan G (Grab) untuk memindahkan
object, dan tempelkan di wajah depan Doraemon, lalu klik kanan object mata kiri
tersebut kemudian tekan shift+D untuk mengcopy
object tersebut, selanjutnya kita pasang sebagai mata bagian kanan. Kemudian
kita klik kanan object kepala Doraemon, lalu kita ganti Object Mode menjadi
Edit Mode seperti ini :
Kemudian edit Snap Element nya menjadi Face select seperti ini
(Snap Element berfungsi untuk menentukan batas editan apakah secara volume
keseluruhan, hanya sebagian sisi (face), secara rusuk (edge), secara titik
(vertex) atau increment :
Lalu tekan shift+klik kanan untuk face yang ingin dipilih,
seperti ini :
Kemudian kita tekan E (untuk Extrude face yang di-select
tadi) lalu drag mouse kebelakang wajah sampai berbentuk lengkung kedalam
seperti ini :
Untuk Hidung kita tinggal meng-copy dari bentuk object mata
tadi lalu di Grab (tekan G dan drag mouse) letaknya sehingga sesuai dengan
hidung Doraemon. Begitu juga dengan bola mata kedua dari Doraemon, kita tinggal
menyesuaikan ukurannya dan diletakkan didalam mata pertama tadi. Sehingga
seperti ini tampilan awal kepala Doraemon :
2.
Membuat Badan Doraemon
Untuk
membuat badan Doraemon, kita klik menu Add, dan tambahkan object UV-Sphere lagi
pada Blender, kita atur scalenya sehingga menyerupai badan Doraemon. Untung
Kantung Ajaibnya kita klik kanan object badan nya, kemudian rubah menjadi edit
mode dan face selection, lalu select daerah mana saja yang ingin dijadikan
kantung lalu tekan E, kita extrude kearah luar dengan men-drag mouse hingga
seperti ini :
Untuk kalung
Doraemon, kita tambahkan object Torus lalu sesuaikan ukuran nya dengan bentuk
kepala dan badan Doraemon itu sendiri. Kemudian bola kalung kita dapat
meng-copy nya (tekan shift+D) dari object bola mata Doraemon. Sehingga object
keseluruhan sudah seperti ini :
3.
Membuat Tangan Doraemon
Untuk
membuat tangan doraemon kita menambahkan object Cylinder, kita rotate cylinder
itu dengan menekan tombol R dan Drag Mouse. Kemudian untuk memperhalus ujung
tangan, kita tekan ctrl+R lalu extrude tangan tersebut dengan men-drag mouse
kearah melancip. Kemudian tambahkan object UV-Sphere untuk ujung kepalan
tangan, begitu juga dengan tangan yang lainnya. Sehingga hasil nya nanti
seperti ini :
4.
Membuat Kaki Doraemon
Kita
tambahkan 2 object Cylinder sebagai kaki Doraemon, kita atur scale nya dengan
menekan S+Z+X (untuk scale horizontal) atau S+Z+Y (untuk scale secara vertikal)
sehingga menyerupai kaki doraemon, lalu tambahkan object UV-Sphere yang
dipertipis bentuknya dengan menekan S+Z+Y sehingga bentuknya menjadi pipih
seperti kaki doraemon sehingga bentuknya seperti ini :
Setelah semua bagian
tubuh Doraemon dibuat, maka kita tinggal memperhalus bentuk keseluruhan
object agar pada saat di- Render object ini sangat menyerupai Doraemon
aslinya. Untuk memperhalus nya kita gunakan perintah Smooth, seperti ini
:
Ini merupakan hasil tampilan object sebelum di smooth :
Setelah keseluruhan bagian objek
Doraemon di Smooth, maka tampilannya menjadi seperti ini :
Tutorial kali ini hanya membahas pembuatan objeknya, untuk pewarnaan objek akan saya bahas lagi selanjutnya :)
boleh dibikin fdp panduannya bos
BalasHapus